#PesanMoral Dalam Mengajar


Menjadi guru artinya kau menjadi seorang pengajar dan pendidik. Mengajar dan mendidik bukan cuma untuk orang lain tapi juga mengajar dan mendidik diri sendiri untuk lebih baik. Tentu saja ketika menginginkan murid tidak merokok, maka guru juga harus tidak merokok, itu artinya mendidik diri sendiri. Menyuruh murid tidal berkata kotor, maka tentu saja guru tidak boleh berkata kotor.

Menjadi guru artinya tidak hanya menjadi pengajar, yang memberika materi mata pelajaran, namun juga menjadi seorang mendidik. Mendidik artinya lebih ke sikap, tindakan yang baik yang prosesnya tidak hanya saat kegiatan belajar mengajar namun bisa juga ketika diluar kegiatan tersebut.

Nilai mata pelajaran yang baik harus diimbangi dengan sikap dan perilaku yang baik. Terkadang saat menyampaikan “selingan” sebelum memulai pelajaran, misalkan dengan motivasi atau cerita yang mengandung #PesanMoral beberapa murid berkata:

“Ini pelajarannya apa sih pak???” “Kok jadi pelajaran agama sih..?” “ayo pak..segera dimulai materinya aja”

 

Seakan akan orientasi murid hanyalah materi dan nilai, padahal saat belajar kita juga membuat diri kita sebagai murid dan guru menjadi pribadi yang lebih baik. Maka kalau ada yang protes kalau kita menyampaikan #PesanMoral tetep lanjut aja gaes.:mrgreen: mari jadikan generasi yang tidak hanya pintar tapi juga mempunyai perilaku yang baik

2 pemikiran pada “#PesanMoral Dalam Mengajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s