Bro, Minta Tolong Ya!


Apakah kamu aktivis dakwah? punya teman sesama aktivis dan punya profesi sebagai penulis, desainer, atau pengusaha kuliner? Coba simak ilustrasi berikut

1. Profesi Penulis

Teman kamu dikenal sebagai seorang penulis, dan dia sudah menerbitkan sebuah buku dari hasil karyanya. Karyanya diterbitkan oleh penerbit yang tidak dibilang kecil. Karena tahu seperti itu, kamu bilang ke teman kamu:”wah, sudah menerbitkan buku nih, bagi gratis dong bukunya”

Harusnya: “Wah, sudah menerbitkan buku, berapa nih harganya? mau beli dong, bantu promosiin juga boleh..”

2. Profesi Desainer Grafis

Suatu hari kamu akan menikah, karena butuh undangan nikah kamu minta tolong teman kamu yang desainer grafis untuk mendesain undangan nikah tersebut. Kamu bilang:”Bro, tolong bikinin aku undangan ya” tapi kamu nggak ngasih fee untuk jasa teman kamu tersebut

3. Profesi Pengusaha Kuliner

Kamu punya teman seorang pengusaha kuliner, terus kalau ada acara kamu sering minta donatur atau sponsor ke dia, tapi kalau mau ada acara meeting dan butuh tempat kuliner, kamu pergi ke tempat lain bukan ke usaha teman kamu.

BTW, apresiasi itu penting apalagi apresiasi untuk teman kita. Kita mendekat tidak hanya karena butuh bantuan. Nggak pengin kan teman kamu bangkrut atau kecewa atas tindakan kamu. Saya tau orang Indonesia suka gratisan, tapi nggak gitu2 amat juga sih. So, apresiasi apapun usaha teman kamu! :mrgreen::

3 pemikiran pada “Bro, Minta Tolong Ya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s