[RESENSI BUKU] SILA KE-6: KREATIF SAMPAI MATI


Jadilah sperti anak kecil, hilangkan prasangka agat tercipta karya – karya KREATIF

~Thomas Huxley

Demikian kutipan dari buku ini.

2013-06-24 23.11.12

 

 

 

 

 

 

 

Satu kata untuk buku ini: KREATIF, UNIK, LAIN DARI YANG LAIN…eh, itu lima kata ya? hehe, tak apalah, buku ini dari sampulnya sudah terlihat unik, desain cover ini di buat oleh sang penulis sendiri, yup betul, oleh mas wahyu aditya. Beliau adalah founder situs gantibaju dot com, dan jubir dari KDRI (-Kementrian Desain Republik Indonesia- Belum/Tidak Sah). Uniknya cover ini bisa dilipat dan kita bisa membuat cover versi kita sendiri (mungkin sesuai kreatifitas pemilik buku sendiri).

 

Asyiknya dari buku ini, pembahasan kretifitas tidak berkutat pada definisi yang panjang lebar kali tinggi *berasa rumus* , tapi dibuat semudah mungkin untuk memahami apa itu kreatifitas. Apalagi ditambah ilustrasi hampir disetiap halaman oleh sang penulis sendiri. Hmm..sangat cocok bagi tipe visual seperti saya.

2013-06-24 23.12.12

 

 

 

 

 

 

 

Penulis membahas pada bab awal, bahwa di negeri kita masih sering membuat anggapan bahwa pelajaran eksak lah yang paling penting. Sehingga, siswa yang kurang dalam bidang tersebut (dan mungkin mempunyai minat yang lain) tidak bisa tertampung pada minatnya. Penulis pada masa sekolah, hanya menyukai 2 pelajaran saja, yaitu: pelajaran seni dan jam kosong! bayangkan sodara…hehe. Pelajaran kesenian adalah tempat belajar kesenian, sedangkan jam kosong adalah kesempatan untuk melatih lagi pelajaran kesenian.

Sedangkan bab selanjutnya, penulis memaparkan tentang hambatan pada proses kretifitas, berimajinasi, dan hal menarik lain yang disertai ilustrasi khas mas wadit (-panggilan penulis):mrgreen:

Salah satu hal menarik yang lain disampaikan oleh penulis, bahwasanya kretifitas akan membuat suasana belajar menyenangkan. Penulis mencontohkan kelas yang di atur secara biasa, dengan kelas yang dihias dengan tema dan hiasan sedemikian rupa, yang dibuat oleh anggota kelas, akan membuat suasana belajar semakin fun.

2013-06-24 23.12.35

 

 

 

 

 

 

 

Hal lain yang menarik dibuku ini adalah kutipan – kutipan tentang kreatifitas oleh tokoh dunia.

pilihan

 

 

1340814175_obsesi

 

 

 

 

 

 

 

Tujuan pendidikan adalah menghasilkan orang kreatif yang mampu menghasilkan sesuatu yang baru

Judul Buku:

SILA KE-6: KREATIF SAMPAI MATI

Penulis:

Wahyu Aditya

Tebal:

302 halaman

Penerbit:

Bentang Pustaka

Di resensikan oleh: blogger yang imut baik hati

Surakarta, 24 Juni 2013

2 pemikiran pada “[RESENSI BUKU] SILA KE-6: KREATIF SAMPAI MATI

  1. mysukmana

    sepertinya bukunya bagus mas. iya dulu saya SMA masuk IPS kuliah malah di Science hahahaha di IPS bisa kreativ di Science bisa berpikir logis (yang penting semuanya harus imbang mas) hehehe..keep kreativ thingking

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s