Hei Apa kabar Blogmu sekarang?


Masih nge-blog (blogging)? Oke, saya perjelas lagi pertanyaanya, sudah berapa lama gak blogging?kapan terakhir posting artikel?? Heuheu..sudah lama ya?knapa?bosen??😀

Trend nge-blog yang dulu marak, sekarang sudah beralih ke situs jejaring sosial, maka banyaklah blog yang ditinggal pemiliknya. Entah karena bosan, atau sekedar mengikuti trend yang ada, media jejaring sosial telah menggeser blog. Mangkanya…yuks kita ngeblog lagi…

Sejarah Ngeblog

Sebenarnya berawal dari iseng, saya coba – coba mendaftarkan blog di wordpress pada tahun 2007 tepatnya tanggal 21 februari 2007. Saat itu masih bingung harus posting apa, akhirnya cuma bisa copy pasti artikel (ini juga usaha lho😀 ). Setelah itu jarang banget posting lagi., akhirnya tahun 2007 hanya 1 artikel saja yang bisa diposting. Bukan karena itu saja, memang secara bersamaan harus mengelola blog LPR Kriya Mandiri ( http://lprkriyamandirisolo.blogspot.com ) yang sudah dihapus sejak lama dan berganti http://kriyamandirisolo.wordpress.com

Pada tahun 2008 ada peningkatan, setidaknya 3 artikel dapat di posting  (hore..hore..berhasil…hore *kayak dora -_-” ) <<< biasa aja kali mas.. :p Tahun 2008 terlewati, akhirnya pada tahun 2009 ada peningkatan lagi, alhasil 12 postingan menghiasi blog ini * sujud syukur * untuk selanjutnya, minimal ada satu postingan yang nampang diblog.

Namun sejak munculnya situs jejaring sosial, penyedia layanan blog tidak kurang akal, mereka mengintegrasikan blog dengan layanan situs jejaring sosial seperti facebook atau twitter. Jadi, blogger bisa mentautkan postingannya ke facebook atau twitter. WordPress dan multiply sudah menyediakan fasilitas ini, yaitu, setiap blogger memposting, bisa juga langgsung ditautkan ke situs jejaring sosial.

Alasan Ngeblog

Coba bayangkan ketika kita sedang mencari artikel tentang resep masakan di internet, tapi tidak banyak yang memposting hal tersebut, namun secara tidak sengaja kita menemukan satu artikel dan itu berasal dari blog! Bayangkan betapa akan guling-gulingnya kita karena sangat senang. Ya, para blogger (sebutan untuk pengguna blog) sering membagi pengetahuan, ilmu, pengalaman mereka diblog.

Kadang kita bisa menemukan blog tentang kuliner, wisata, ilmu agama, film, desain dan lain – lain melalui blog. Inilah salah satu alasan saya nge blog, ya..berbagi ilmu!!

Bahkan tercatat, sebagian penulis buku, mengawalinya dari menulis lewat blog, sebut saja raditya dika, pidi baiq, yang “membukukan” blognya. Bahkan dari artikel yterakhir yang saya baca, ada seorang yang menggerakan revolusi dari blog, sehingga saat revolusinya berhasil dia diangkat menjadi mentri!!

Macam Blog

Penyedia layanan blog sangat beragam, sebut saja wordpress, blogspot, multiply, tumblr, dsb. Penyedia layanan blog ini sangat memudahkan untuk para pemula membuat blog mereka. Bahkan ada layanan penyedia pembuatan blog terbaru yang menyediakan layanan, memposting artikel melalui email (tanpa masuk ke blog) yaitu posterous, hebat bukan?? Sekedar info, dari blog wordpress, blogspot, multiply, tumblr, saya punya semua..hehheh  << abaikan kalimat ini :p

adapun bagi yang ingin mendaftar diblog, ada beberapa review.

  1. WordPress (wordpress.com): keunggulan wordpress adalah widget sudah disediakan, dan jumlahnya bermacam-macam, tinggal dipilih..dipilih,,,,bahkan theme jg sudah disediakan. Bagi yang ingin membuat blog menggunakan wordpress, secara simpel namun power full, wordpress sangat disarankan. Kelemahan menggunkan blog ini adalah tidak disediakannya shoutbox seperti blogger.
  2. Blogspot (blogger.com): keunggulan dari blogger adalah widget dari pihak ketiga sangat banyak,begitupun theme nya, ada juga shoutbox (semacam kotak percakapan) yang tidak  dimiliki wordpress. Namun, ada juga pengguna blogspot telalu banyak menggunakan widget, jadi berdampak pada beratya akses saat blog mereka dikunjungi oleh blogger lain.
  3. Multiply (multiply.com): blog ini menyediakan fasilitas lebih banyak dari dua blog sebelumnya, yaitu selain posting artikel, pengguna multiply bisa memposting music, review, video, shout. Pengguna mulitply juga dapat menggunakan widget dari pihak ke tiga yang bermacam-macam. Namun kelemahan dari blog ini adalah tidak semua blogger bisa berkomentar di multiply, haruslah terdaftar dulu di multiply untuk bisa memberi komentar.

Tumblr (tumblr.com) : menurut saya tumblr adalah micro bloging, hampir sama seperti twitter. Namun tumblr mempunyai kelebihan, reblog (semacam retwett pada twitter), selain bisa posting tulisan,pengguna tumblr juga bisa posting link, video, quotes, music, atau chat. Kekurangannya, mungkin belum ngetop aja..kalah sama twitter😀

demikian preview dari beberapa layanan blog. Masih ada penyedia layanan blog lain, namun tidak bisa dicantumkan disini satu-satu.

Beberapa Tips Tentang Nge-Blog

Selama nge-blog, baca – baca blog lain, trus baca buku tentang blog, ada beberapa tips yang saya dapatkan:

  1. Niatkan nge-blog hanya karena Alloh SWT🙂

Link back, artinya kita saling bertukar link dengan blogger lain.

Saling mengunjungi blog dan memberi komen (tapi jangan nyepam lho :p )

Sebaiknya jangan posting tentang curhat terus (walaupun tidak ada larangan) tp kalo isi tulisannya nginspirasi, itu lebih baik.

Terlalu banyak widget di blog = not good, pada saat mengakses blog, akan sangat lama, dan para pengunjung blog gak jadi deh berkunjung ke blog kita, sebaiknya pasang widget seperlunya saja.

Terlalu banyak iklan, adsense = capek deeeh…ada sebahgian blogger yang blognya isinya cuma iklan.. =_= (cari duit mas?? :p )

Ikut komunitas blog

Buat ke-khususan blog, maksudnya kalau kita mempunyai kompetensi dibidang tertentu, maka tulis sesuai dengan kompetensi kita, misal desain, kuliner, wisata, bahasa inggris…walapun tidak mengapa kita posting diluar itu, tapi itu dimaksudkan blog kita menjadi semcam rujukan untuk hal tertenu.

Demikian, dalam rangka peringatan hari lahir blog wordpress saya (mangapp..postingnya telat😀 ) se,oga nginspirasi * ngelap keringat di jidat *

11 pemikiran pada “Hei Apa kabar Blogmu sekarang?

  1. ita

    sudah lama saya tidak kesini.. ternyata msh sudah bnyk postingan baru ya.. 🙂

    kata2 :
    Link back, artinya kita saling bertukar link dengan blogger lain..
    >> nah klo ini wktu baru bkn blog ga ngerti jd pas ngerti bikin link eee temen kita kluapaan di link😀

  2. soale susah akses blognya via hp di dusun lagi, punya waktu habis buat baca fb dan twitter….ngurus suami,anak dll (banyak alasan ya) salute buat JK yang eksis diblognya :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s