Cara Convert Font di Corel Draw


Terkadang ketika kita selesai mendesain majalah atau buletin, sulit bagi kita untuk mencari font – font mana yang belum di convert. Ketika kita menggunakan ctrl+F12 (shortcut untuk spell check) masih ada aja font yang ‘bandel’ karena pada waktu kita spell check muncul messages ‘bahwa text sudah tidak ada’.Namun ketika dilihat di-‘text statistics’ banyak font yang belum ter-convert. Gimana niiiih….kayaknya harus beli obat pusing dulu deh sebelum tambah parah pusingnya…

Convert ini pada prinsipnya adalah ketika kita memindah file corel draw kita ke PC/laptop lain yang fontnya tidak terinstall pada PC/laptop tersebut, kita tidak perlu menginstall font karena text (font) sudah menjadi curve.

Nah, settinger – settinger sekalian, ada ilmu baru nih (tapi kalau udah tahu anggep aja sebagai pengingat), simak yah…

Step 1:

-Klik edit pada bar, pilih ‘find and replace’, kemudian pilih ‘find objects’.

step12

-Setelah itu akan muncul dialog box ‘find wizard’,selanjutnya kita isi pada ‘begin a new search’ kemudain klik ‘next’

step2

-Maka akan muncul dialog box lagi, pilih pada ’objet type’,beri centang pada text (artistic text,paragraph text dan text on path)

step3

-muncul dialog lagi,pada artitistict text yang tersorot,klik specify properties for artisticts text.

step4

-Muncul dialog box, pada jenis font,cari sesuai dengan yang akan kita convert, kemudian klik ‘OK’(Lakukan dengan cara yang sama pada paragraph text dan text on path untuk menetukan font mana yang akan di-convert.)

step5

-Setelah kita tentukan jenis font yang ingin dicari, klik ‘next’ kemudian klik ‘finish’

step6

-muncul dialog ‘find’,klik find untuk mencari font yang ingin di-convert tadi. Harus bersabar dan teliti juga, teliti per halaman, terkadang kita belum bisa menemukannya pada halaman pertama.

Cara ini berlaku untuk mencari satu jenis font saja. Jika banyak font yang ingin kita convert, maka harus punya kesabaran lebih. Ulangi dengan cara pada langkah pertama untuk mencari font yang belum ter-convert. Selamat mencoba.

————————————————————————————————————————————————–

UPDATE: [5/11/2012]

Convert/merubah font ke curve juga bisa dilakukan seperti yang ada di komentar post ini, caranya:

misal kita akan convert font page 1, pilih menu edit > select > all text > kemudian tekan bersama ” ctrl + Q” maka font sudah menjadi curve.

Meskipun cepat, cara ini memiliki kelemahan, jika font sudah di-group, makan tidak akan bisa ikut ter-convert, atau font ada dalam power clip. Masing-masing punya kelebihan dan kelemahan, tapi kalau saya cenderung mengunakan keduanya untuk meng-convert font.

———————————————————————————————————————————————–

UPDATE [2/1/2012]

Untuk font yang ada di dalam powerclip, terlebih dahulu kita masuk ke object powerclip yang didalamnya ada font. Klik kanan obyek, pilih edit content, cari font, kemudian tekan ctrl+Q bersamaan. Kemudian klik finish di pojok kiri bawah lembar kerja corel. Hal ini dialakukan, karena terkadang masih ada font yang sulit dicari, karena font tersebut berada di dalam obyek. Coba cek di text statistic, klik text > text statistic, jika sudah tidak ada nama font yang muncul berarti sudah menjadi obyek curve (kurva/garis).

Sedangkankan untuk cara lain, misalkan menggunakan cara diatas masih ada font yang belum ter-convert. Hal ini kadang disebabkan masih ada font yang ter-group, caranya periksa font yang ter-group menjadi satu, kemudian ungroup, setelah itu pilih font, kemudian convert (ctrl+Q). Cek lagi di text statistic apakah masih ada font yang belum ter-convert.

Konversi font menjadi curve ini berguna ketika desain kita sudah final, dan bila ingin file corel dipindah ke komputer lain yang tidak terinstall font yang sama dengan komputer kita, font tersebut tidak berubah. Atau ketika akan membawa ke master plate percetakan, kita akan meminimalisir kemungkinan missing font.

Semoga Bermanfaat.

9 pemikiran pada “Cara Convert Font di Corel Draw

  1. ada cara lebih mudah sebenarnya.
    dan bisa digunakan untuk multiple font.
    tinggal masuk ke edit>select>all text
    kalo udah gitu tinggal diconver semua text jadi object pake control+Q

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s